Skip navigation

Map and Navigation feature
High-sensitivity integrated GPS receiver by SiRF
WAAS enabled; flip-up antenna-includes connector for optional external GPS antenna connection
Storage: SD memory card expansion slot + internal memory 200Mbyte
Audible and visual navigation instructions and warnings
Display: 2.8″ W x 2.1″ H (3.5″ diag.), 320 x 240 pixels; bright, TFT display, 64K colors, with white backlight and touch screen

Physical
Size: 3.87″W x 2.91″H x 0.87″D (98.3 x 73.9 x 22.1 mm)
Weight: 5.1 ounces (144.6 g)
Display: 2.8″ W x 2.1″ H (3.5″ diag.), 320 x 240 pixels; bright, TFT display, 64K colors, with white backlight and touch screen

Power
Built-in lithium ion battery, Between 4-8 hours of battery life, depending on use
Includes 12-volt power adapter cable for external power while in your vehicle

Hadir dengan internal memory sebesar 200 MByte, fitur multimedia (diantaranya adalah MP3 player+foto/JPEG viewer) dan GPS receiver yang cukup sensitif nampaknya menjadikan produk Nuvi sangat menarik untuk dimiliki. Terlebih dengan bobotnya yang cukup ringan (144gr) dan tidak terlalu besar dalam dimensinya, memungkin peletakan piranti ini menempel cukup kokoh pada kaca mobil dengan menggunakan handled device yang menyertainya. Layar sentuh (touchscreen) yang dimilikinya juga memudahkan pengguna untuk berinterkasi dengan tombol virtual yang ada didalamnya. Tombol-tombol vritual tersebut berukuran cukup besar sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pemilihan alias mengurangi kemungkinan salah tekan saat menekan suatu tombol yang diinginkan.

GPS receiver yang telah build in didalamnya cukup sensitif menerima sinyal dari satelit GPS disamping itu juga memiliki waktu acquiring satelit yang cukup cepat dibandingkan produk-produk Garmin pendahulunya. Hal ini disebabkan karena Garmin menggunakan GPS receiver SiRF’s yang memang telah terkenal dengan kemampuan cukup peka untuk menerima sinyal dari satelit GPS. Saat uji coba didalam mobil yang terlindungi oleh kaca film V-Kool, menunjukkan bahwa GPS ini masih bisa menerima sinyal cukup baik, disaat GPS (Garmin) lain tidak mampu mendeteksinya sama sekali. Suatu hal yang tentunya mampu menghemat biaya karena tidak lagi diperlukan re-radiating antena bagi mobil-mobil dengan kaca film merek apapun. Penerimaan sinyal didalam ruangan juga masih jauh lebih baik dibanding GPS Garmin pendahulunya. Kapasitas internal memory sebesar 200Mbyte praktis menjadikan piranti ini mampu menampung peta dalam jumlah besar. Sebenarnya total kapasitas memori yang ada di Nuvi jauh lebih besar dari 200Mbyte mengingat didalamnya telah tersedia peta Amerika Utara sebesar +/- 900Mbyte yang telah siap untuk digunakan. Jika anda merasa masih kurang dengan kapasitas yang ada, tersedia sebuah slot SD card yang bisa digunakan sebagai media external penyimpanan data.

Fasilitas multimedia yang telah tercakup didalam piranti ini cukup menarik. Terdapat 7 fitur tambahan diluar fitur standar (pemetaan/navigasi) yakni: MP3 player,  audio book player, JPEG picture viewer, world travel clock with time zones, currency converter, measurement converter, and calculator. Setidaknya piranti ini mampu tidak hanya menjadi co-pilot virtual anda saat melakukan perjalanan, namun juga mampu menjadi menghibur telinga dengan lantunan lagu-lagu favorite anda dari MP3 player.

Seperti layaknya produk terbaru keluaran Garmin lainnya, Nuvi juga menyediakan fitur untuk menampilkan peta dalam mode 3D (BirdView). Prosesor yang terpasang didalamnya mampu menampilkan peta dengan kemampuan redraw map yang sangat baik dan nyaris tidak ada keterlambatan saat menampilkan peta dengan kepadatan jalan yang tinggi (high density street level map). Garis-garis jalan dibuat lebih tebal sehingga cukup jelas dilihat tanpa harus melihat dengan seksama apa yang tampil dilayar. Namun hal ini juga memberi dampak negatif  berupa penampilan objek peta pada layar akan relatif berkesan penuh. Untuk menyiasati agar layar tidak tampak penuh, Nuvi memiliki aturan tersendiri dalam menampilkan zoom level objek peta. Hasil perbandingan dengan GPS lain, pada level zoom yang sama Nuvi “belum bersedia” menampilkan beberapa objek POI, sementara di GPS pembandingnya telah menampilkannya pada layar.

Dengan segudang kelebihan yang dimilikinya, Nuvi ternyata memiliki kelemahan yakni tidak memungkinkan untuk merekam tracklog dari suatu perjalanan. Suatu hal yang patut disayangkan karena fitur ini cukup penting terutama dinegara-negara dimana peta GPS belum tersedia. Memang secara pemasaran, target penjualan Nuvi adalah untuk negara-negara yang telah memiliki peta GPS cukup baik seperti Amerika dan Eropa Barat. Tidak heran bila saat membeli Nuvi untuk negara lain, pasti telah dibundel pula dengan peta negara Amerika atau Eropa Barat. Harganya yang relatif mahal +/- 970 USD menjadikan produk ini berada pada segmen konsumen papan atas. Di Indonesisa sendiri kabarnya dijual dengan harga sekitar 7 juta rupiah, suatu harga yang mestinya jauh lebih murah namun tetap mahal bagi sebagian banyak orang.

Adanya fitur  untuk memproleh data kepadatan lalu lintas yang dipancarkan radio FM dengan penambahan aksesoris GTM 10 FM TMC traffic receiver tentunya merupakan suatu fitur lain yang memberi nilai tambah tersendiri, namun sekali lagi

Reno@indogeotech.com

http://geosurvey.indonetwork.co.id

http://indogeotech.com

Navigate & Surveying

Menu Gps Nuvi
Picture Nuvi 710

Picture Nuvi 710Menu Gps Nuvi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: